Rabu, 03 Juni 2020

Materi Kelas XII

Hima na toki
ひまなとき
(waktu senggang)

Asobimasu (bermain-main)
Oyogimasu (berenang)
Tomodachi ni aimasu (bertemu teman)
Eiga wo mimasu (menonton film)
Sanposhimasu (jalan-jalan)
Kaimonoshimasu (berbelanja)
Hanashi wo shimasu (bercakap-cakap)
Sakka wo shimasu (bersepak bola)
Catatan
Asobimasu : hanya digunakan untuk menyatakan kegiatan bermain secara umum dan tidak digunakan untuk menyatakan kegiatan olahraga
Sanposhimasu : hanya digunakan untuk menyatakan kegiatan ”jalan kaki santai” di lingkungan rumah, seperti jalan pagi, jalan sore


Tempat (basho)
Ichiba : pasar
Suupaa : supermarket
Depaato : Departemen Store/mall
Puuru : kolam renang
Umi : laut


Tomodachi : teman


Pola kalimat
1. KB (orang) to KK masu.
Pola kalimat ini menyatakan ”melakukan kegiatan dengan orang lain”
Partikel (と)/ to digunakan untuk penanda ”pasangan/ teman untuk melakukan kegiatan”
Partikel (に)/ ni digunakan untuk menyatakan ”bertemu dengan orang”


Latihan
。。。。 と 。。。。 を 。。。。。ます
(orang) to …(obyek) wo (kata kerja) masu


ともだちと えいがを みます。
Tomodachi to eiga wo mimasu
Saya menonton film bersama teman


アリ二さんと いちばへ いきます。
Arini san to ichiba e ikimasu
Saya pergi ke pasar bersama Arini


ははと かいものします
Haha to kaimonoshimasu
Saya pergi berbelanja bersama Ibu


二ナさんに あいます
Nina san ni aimasu
Saya bertemu Nina


Pola kalimat 2
。。。。 で 。。。。 と 。。。。 を 。。。。。ます
..(tempat)..de (orang) to …(obyek) wo (kata kerja) masu


レストランで ともだちと はなしを します。
Resutoran de tomodachi to hanashi wo shimasu.
Saya berbincang-bincang bersama teman di restoran


うちで やまださんと テレビを みます。
Uchi de Yamadasan to terebi wo mimasu
Saya menonton TV bersama Yamada di rumah


デパートで あねと かいものします。
Depaato de ane to kaimonoshimasu.
Saya berbelanja bersama kakak perempuan di Mall


プールで ともだちと およぎます。
Puru de tomodachi to oyogimasu.
Saya berenang bersama teman di kolam renang

Pola kalimat 3
ひとりで 。。。。で  。。。。ます
Sendirian …tempat…. …KK…….

ひとりで うみで  およぎます
Hitori de umi de oyogimasu
Saya berenang sendirian di laut

ひとりで がっこうで いきます。
Hitori de gakkou de ikimasu
Saya pergi sendirian ke sekolah

ひとりで うちで あそびます。
Hitori de uchi de asobimasu
Saya bermain sendirian di rumah


Contoh pertanyaan
Q: ひまな とき なにを しますか。
Q: himana toki naniwo shimasuka.(Di saat senggang melakukan apa?)
A: ははと かいものします。
A: haha to kaimonoshimasu.(Saya bersama ibu berbelanja)


Q: ひまな とき なにを しますか。
Q: himana toki naniwo shimasuka.(Di saat senggang melakukan apa?)
A: ともだちと あそびます。
A: tomodachi to asobimasu. (Saya bermain bersama teman)


Q: ひまな とき なにを しますか。
Q: himana toki naniwo shimasuka.(Di saat senggang melakukan apa?)
A: ひとりで さんぽします。
A: hitoride sanposhimasu. (Saya jalan-jalan sendirian


Q: ひまな とき なにを しますか
Q: himana toki naniwo shimasuka.(Di saat senggang melakukan apa?)
A: あねと モールへ いきます。
A: saya pergi ke Mall bersama kakak perempuan


Contoh Percakapan
A: B san, himana toki naniwo shimasuka?

B: Mooru e ikimasu
A: soudesuka, watashi mo mooru e ikimasu (bila sama)
Soudesuka, watashi wa eiga wo mimasu (bila berbeda)


Catatan:
Mo : juga

0 komentar:

Posting Komentar